Ikan oscar atau Astronotus ocellatus tergolong ikan hias air tawar yang diminati berbagai kalangan dan menjadi primadona hingga kini. Corak serta warna yang indah merupakan salah satu daya tariknya.

Ikan oscar berasal dari Sungai Amazon dan dikenal sebagai hewan pemakan segala atau omnivora. Berikut beberapa cara budidaya ikan oscar:

1. Mempersiapkan Akurium yang Tepat

Akuarium yang tepat untuk budidaya ikan oscar antara lain ukuran sesuai dengan banyaknya ikan, ada tambahan bebatuan untuk berlindung, memasang pompa udara, mengatur penerangan, menyediakan tutup akuarium supaya ikan oscar tidak melompat keluar, dan kondisikan air akuarium dalam suhu 23-27 derajat celcius.

2. Memilih Indukan yang Sehat

Pembudidaya juga harus mampu memilih indukan yang sehat dan berkualitas. Bedakan ikan oscar jantan dan betina lewat ukuran, warna, sirip, alat kelamin, dan pergerakannya. Umumnya ikan oscar betina warnanya lebih gelap daripada jantan.

3. Melakukan Pemijahan

Biarkan ikan oscar melakukan pemijahan alami jika indukan yang telah berpasangan ditempatkan dalam satu akuarium. Perkawinan atau pemijahan sebaiknya dilakukan pagi maupun sore hari. Biasanya induk betina tampak berenang ke bagian dasar akuarium yang diikuti ikan jantan untuk langsung melakukan pembuahan.

4. Perawatan Anak Ikan

Dalam waktu sekitar 3 hari, telur ikan oscar akan menetas. Pemberian pakan bisa dimulai pada hari kelima. Jenis pakan awal yang tepat untuk anakan ikan yaitu rotifera atau rotifer. Pemiliki bisa mengganti pakan di hari ke-10 dengan kutu air. Sementara jika anak ikan oscar sudah mencapai usia 2 minggu, pakan dapat diganti kembali menjadi cacing rambut.

5. Proses Pembesaran

Pembesaran anak ikan oscar dilakukan dalam kolam pembesaran setelah ikan memasuki usia sebulan. Sebaiknya gunakan akuarium atau kolam berukuran cukup besar. Suhunya dapat diatur sekitar 23-27 derajat celcius.

Itulah cara budidaya ikan oscar yang tepat dan mudah dilakukan oleh pemula.

KONTEN MENARIK TENTANG DUNIA AGRIBISNIS ( KLIK SINI )

BACA JUGA : Dinas Peternakan Jatim Catat Sapi Dikurbankan ( KLIK SINI )

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *