Domba Dolly terkenal sebagai mamalia pertama yang berhasil dikloning dari sel oleh tim peneliti gabungan dari Britania Raya. Saat kelahirannya diumumkan ke publik memancing sensasi dan kontroversi di seluruh dunia dan Dolly diberitakan secara luas oleh media. Berikut adalah beberapa fakta tentang proses penciptaan Dolly, kehidupannya, sampai kematiannya.

1. Percobaan kloning untuk menghasilkan hewan ternak unggul

Dolly adalah bagian dari serangkaian percobaan di Roslin Institute, Skotlandia yang mencoba mengembangkan metode kloning untuk menghasilkan hewan ternak rekayasa genetik. Kloning adalah sebuah proses untuk menghasilkan individu organisme yang identik. Jika sukses, maka di masa depan hewan-hewan ternak unggul bisa dihasilkan.

2. Dolly dikloning dengan informasi DNA dari inti sel
Dolly dikloning menggunakan teknik yang dikenal sebagai somatic cell nuclear transfer (SCNT). Teknik ini menggunakan sel telur domba yang telah dihilangkan inti selnya, kemudian sebuah inti sel baru yang mengandung informasi DNA dari domba lain ditanamkan pada sel telur yang inti selnya sudah dihilangkan tadi.

3. Dolly lahir sebagai mamalia pertama hasil kloning sel

Dolly sangat penting karena ia adalah mamalia pertama hasil kloning sel. Diberi nama Dolly karena terinspirasi oleh penyanyi Dolly Parton. Kelahirannya membuktikan bahwa sel tertentu bisa digunakan untuk menciptakan hewan yang sama persis. Pengetahuan ini mengubah pikiran ilmuwan bahwa ada banyak kemungkinan terobosan baru dalam bidang biologi dan kesehatan. Beberapa hasil kloning sebelum Dolly pernah dihasilkan oleh Roslin Institute, misalnya tikus dan sapi. Tapi tak seperti Dolly, mereka semua dikloning dari embrio.

4. Diumumkan kepada dunia dan memantik perdebatan

Dolly diperkenalkan kepada dunia pada 22 Februari 1997 dengan mengadakan jumpa pers. Roslin Institute memilih tanggal tersebut disesuaikan dengan perilisan publikasi ilmiah yang menjelaskan bagaimana proses penciptaannya. Dolly menarik perhatian publik meski hanya seekor domba, tapi memantik perdebatan tentang keuntungan dan bahaya dari teknik kloning.
5. Punya enam keturunan dan disuntik mati setelah menderita tumor di paru-paru

Selama beberapa tahun kemudian Dolly punya enam anak hasil perkawinan dengan domba jenis Welsh Mountain. Anak pertama diberi nama Bonnie lahir pada April 1998, kembar Sally dan Rosie menyusul setahun kemudian, dan diikuti kembar tiga Lucy, Darcy, dan Cotton tahun berikutnya. Nah itulah 5 Fakta Domba Dolly Yang Jarang Diketeahui.

KONTEN MENARIK TENTANG DUNIA AGRIBISNIS ( KLIK SINI )

BACA JUGA : 5 Cara Budidaya Ikan Oscar Yang mudah ( KLIK SINI )

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *