Dataran tinggi ini dikenal dengan daerah yang bersuhu dingin dan seringnya menjadi tempat wisata. Mengingat suhunya yang sejuk dan masih asri, banyak masyarakat yang tinggal di dataran tinggi ini memilih untuk membudidayakan atau menanam buah, sayuran, dan berbagai jenis tanaman hias. Bahkan, ada pula yang merawatnya di sekitar rumah untuk memenuhi kebutuhan

Bagi kamu yang tinggal di dataran tinggi dan tertarik untuk bercocok tanam, simak berikut ini rekomendasi tanaman yang cocok ditanam di dataran tinggi.

1. Stroberi

Tanaman yang pertama ini mungkin sudah banyak yang tahu, kalau budidayanya rata-rata ada di daerah dataran tinggi. Memang tanaman buah stroberi ini termasuk jenis tanaman yang berasal dari Amerika Serikat. Buah yang memiliki varietas paling banyak diketahui di dunia ini umumnya bukanlah buah, namun buah semu yang artinya daging buah stroberi ini berasal dari hypanthium.

2. Kentang

Salah satu tanaman jenis sayur ini juga cocok ditanam di daerah dataran tinggi, loh. Kentang merupakan tanaman yang masih satu suku dan memiliki umbi batang yang bisa dimakan. Selain itu, kentang sendiri memiliki banyak manfaat, terutama dalam bahan pangan. Bahkan, nggak jarang masyarakat di beberapa negara mengandalkan kentang ini sebagai pengganti nasi.

.

3. Teh

Mungkin bagi kamu yang suka menyeduh teh setiap pagi, rasanya sayang kalau harus membeli setiap kantong teh yang instan. Tenang aja, kamu bisa menanam kebun teh sendiri di area rumah yang berada di daerah dataran tinggi. Terlebih lagi, tanaman yang diolah dan dihasilkan dari daun ini dapat beradaptasi dengan media tanam yang lembab dan kering.

4. Selada

Berikutnya, tanaman yang cocok ditanam di dataran tinggi adalah selada. Sama seperti kentang, selada termasuk tanaman jenis sayuran yang dapat ditanam di daerah beriklim tropika maupun sedang, nih. Menarinya, kegunaan selada ini juga sangat banyak dan sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Nggak jarang juga selada dijadikan sebagai lalapan ataupun masakan tumis.

5. Apel

Terakhir, ada rekomendasi tanaman yang cocok ditanam didaerah di dataran tinggi, yaitu apel. Jenis tanaman buah ini termasuk banyak disukai, karena rasanya yang manis dan sedikit asam. Biasanya, saat sudah masak dan siap dimakan, buah apel ini memiliki kulit yang berwarna merah, namun ada juga yang berwarna hijau atau kuning.

Nah itulah 5 Tanaman Yang Cocok di Dataran Tinggi.

Konten menarik tentang Agribisnis (Klik Sini)

Baca juga : Agrigel MSG 3 Solusi Terbaik Untuk Pertumbuhan Tanaman Sawit

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDBahasa Indonesia
Open chat
1
Selamat datang di CV.Maulana Says Green 3
Ada Yang Bisa Kami Bantu?