Ikan tenggiri merupakan jenis ikan laut yang sangat populer di Indonesia. Bagaimana tidak? Sebab daging ikan tenggiri dapat masyarakat olah dalam berbagai hidangan dan jajanan. Sehingga memiliki nilai jual dan potensi usaha yang menjanjikan.

Rasa dari ikan tenggiri memang sangat lezat sehingga banyak dijadikan sebagai sajian kuliner di berbagai daerah Indonesia. Tidak heran mengapa permintaan pasar terhadap ikan ini cukup tinggi untuk menjadi peluang usaha yang menjanjikan.

6 langkah dalam melakukan budidaya ikan tenggiri.

1. Menyiapkan Benih

Langkah awal yang harus disiapkan adalah benih ikan tenggiri. Benih dapat diperoleh di tempat penjualan benih ikan. Pastikan bahwa benih yang digunakan dalam keadaan sehat dan tidak ada cacat pada fisiknya.

2. Kepadatan Kolam

Saat akan menebarkan benih ke kolam pembesaran, pembudidaya harus mengamati kepadatannya. Padat tebar yang tinggi dapat membuat ikan tenggiri tidak merasa nyaman, alhasil ikan akan menjadi mudah stres.

3. Waktu dan Frekuensi Pakan

Langkah selanjutnya yang harus diperhatikan adalah cara pemberian pakan dan frekuensinya. Idealnya, pakan diberikan sebanyak 3 kali sehari, yakni pagi, siang dan sore hari. Khusus untuk ikan kecil bisa diberikan pakan sesering mungkin.

4. Pemberian Vitamin

Pemberian vitamin pada ikan tenggiri dinilai sangat baik untuk meningkatkan nafsu makan ikan hingga membuatnya cepat besar. Jenis vitamin ikan sangat bervariasi dan dapat ditemukan dengan mudah di pasaran. Pemberian vitaminnya bisa dengan cara mencampurnya dengan pakan yang kemudian ditebarkan ke dalam kolam.

5. Perkembangbiakan

Pengembangbiakannya dikatakan berhasil apabila ikan mengalami perubahan fisik berupa semakin besar ukurannya. Tidak hanya itu, ciri lainnya adalah ikan akan mengalami pematangan gonad, yang mana hal tersebut menandakan bahwa ikan tenggiri siap untuk dipijahkan.Pemijahan dilakukan pada kolam khusus untuk mendapatkan benih ikan untuk periode budidaya berikutnya.

6. Panen

Ikan tenggiri dapat dipanen saat usianya memasuki 4 bulan setelah penebaran dan beratnya telah mencapai 1 kg per ekor. Panen dapat dilakukan pada pagi ataupun sore hari.

Nah itulah Cara Mudah Budidaya Ikan Tenggiri.

KONTEN MENARIK TENTANG DUNIA AGRIBISNIS ( KLIK SINI )

BACA JUGA : Tingkatkan Pengolahan Perikanan Lewat UMKM ( KLIK SINI )

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *