ikan-STURGEON-penghasil-telur-termahal

Ikan Sturgeon selain memiliki daya jual yang begitu tinggi, terutama untuk telurnya adalah salah satu ikan yang hanya bisa ditemukan di bagian utara bumi. Hingga saat ini, ikan tersebut hanya bisa ditemukan hingga lebih dari 27 jenis atau spesies, enam jenis ditemukan di Laut Caspia serta sungai disekitarnya.

Fakta ikan sturgeon

1. Punya kemiripan dengan ikan salmon

Ikan salmon lahir di sungai dan pergi ke laut mencari makan lalu kembali ke sungai untuk berkembang biak, hal ini juga dilakukan ikan sturgeon. Namun hal itu hanya terjadi pada beberapa spesies tertentu saja. Umumnya ikan sturgeon ini hidup di air tawar dan menghabiskan seluruh hidupnya di danau.

2. Habitat asli ikan sturgeon

Kelompok ikan sturgeon hidup di Eurosia dan Amerika Utara. Mereka adalah salah satu barang ekspor terbesar milik Rusia dengan nilai fantastis. Sturgeon bisa dikonsumsi mulai dari daging hingga telurnya, telurnya ini bernama kaviar yang biasanya hanya dijual oleh restoran mewah, sebab kaviar sendiri memiliki harga sekitar Rp14 juta per kilogram!

Di habitat asalnya sturgeon hampir mudah ditemukan dan ditangkap. Banyak orang asing yang berhasil menaklukkan ikan langka dengan telur berharga ini.

3. Penangkapan ikan sturgeon terbesar dalam sejarah

Telah ada sejak 250 juta tahun yang lalu membuat sturgeon menjadi ikan yang legendaris. Sejarah pernah mencatat rekor penangkapan ikan sturgeon terbesar yang terjadi pada tahun 1824 di salah satu habitatnya Sunga Volga, Rusia dengan berat 1,5 ton dan panjang 7,2 meter.

4. Kematangan seksual yang membutuhkan waktu panjang

Sayangnya untuk mencapai kematangan seksualnya ikan sturgeon membutuhkan waktu yang sangat lama. Ikan ini siap untuk berkembang biak di umur 6-25 tahun tergantung pada spesiesnya. Ikan sturgeon merupakan ikan berumur panjang yang bisa mencapai usia 50-100 tahun lamanya.

5. Populasinya kini kian terancam punah

Kaviar yang dicari semua orang membuat penangkapan ikan sturgeon seperti tambang emas yang diperebutkan banyak orang. Alhasil, populasi mereka kian hari kian berkurang secara drastis. Banyak oknum yang memanen sturgeon tepat sebelum mereka berkembang biak dan membuat regenerasinya terganggu.

Kaviar atau Telur Ikan Sturgeon

Laut Caspia adalah tempat dimana ikan Sturgeon bisa menghasilkan Kaviar terbesar. Dari hasil data yang ada, di Laut Caspia ikan tersebut mampu menghasilkan hingga lebih dari 90% Kaviar dari hasil di dunia. Walaupun Laut Caspia adalah danau terbesar di dunia, tetapi Caspia mengandung garam 12 per mil dan terletak 26 km di bawah permukaan laut bebas, sehingga masih disebut Laut. Sayangnya, penangkapan liar, penangkapan berlebihan, pembangunan dan sungai ke arah Laut Caspia, faktor lingkungan yang berubah termasuk pencemaran atau juga kerusakan tempat pemijahan sebab erosi dan pengerukan pasir serta batu dari dasar sungai menjadi alasan utama mengapa populasi Ikan tersebut mulai menurun di Laut Caspia.

Ikan Sturgeon mampu menghasilkan Kaviar hingga 60 sampai 80 kilogram. Hal ini disebabkan ikan tersebut memiliki bobot hingga mencapai 800 kilogram. Ikan ini hanya hidup di air laut, dan akan berpindah ke hulu sungai ketika sedang bertelur. Saat ini, Kaviar yang terbaik adalah yang dihasilkan di Iran dan Rusia.

Terdapat empat jenis Kaviar yang ada di dunia. Beluga adalah Kaviar yang paling mahal dan terbaik di dunia yang sebagian besar dari Rusia. Telur ini dihasilkan dari Sturgeon yang memiliki bobot hingga 800 kilogram. Beluga adalah jenis Kaviar yang tampak seperti butiran telur dengan warna abu-abu kehitaman. Sevruga adalah Kaviar yang sedikit lebih murah yang sering didatangkan dari Iran. Kaviar ini didapat dari ikan yang lebih kecil mulai dari 60 sampai 100 kg bobotnya. Bentuknya lebih kecil dan berwarna lebih hitam dari Beluga. Kemudian, ada juga kaviar Ossetre yang disebut juga sebagai Golden Caviar karena warnanya yang kekuningan. White Caviar adalah jenis terakhir dengan warna putih. Caviar ini jarang ditemukan karena memang dari jenis albino yang mulai langka. Golden Caviar dan White Caviar adalah menu yang paling sering dihidangkan pada masa Syah Iran.

Mengambil Kaviar dari Sturgeon cukup mudah. Setelah ikan ditangkap, perut ikan dibuka dan telur diambil. Telur direbus di air yang sudah dicampur garam. Jika sudah matang, telur dimasukkan dalam kaleng yang sudah disterilisasi untuk memusnahkan bakteri. kaviar yang disajikan harus dimakan ketika masih segar. Kaviar juga termasuk dalam menu hidangan yang begitu mahal, karena dihasilkan dari ikan langka. Di Eropa, Kaviar disajikan dalam berbagai bentuk menu seperti scrambled eggs, pancake, atau lainnya. Vodka menjadi minuman sempurna untuk melengkapi Kavier.

Manfaat caviar untuk kesehatan

  • Berdasarkan kandungan di atas, manfaat caviar untuk kesehatan antara lain adalah:
  • Mengurangi rheumatoid arthritis
  • Manfaat caviar ini datang dari kandungan omega-3 yang memang diketahui banyak terdapat pada ikan maupun telur ikan pada umumnya.
  • Mencegah penurunan fungsi otak
  • Beberapa jenis caviar juga mengandung asam lemak lain yang menyehatkan, seperti EPA, DHA, dan DPA. Kandungan ini menghadirkan manfaat caviar untuk melawan penurunan fungsi otak seiring bertambahnya usia sekaligus merangsang regenerasi sel agar otak semakin sehat.
  • Menyehatkan mata
  • Manfaat caviar juga dapat dirasakan oleh anak-anak karena kandungan DHA dan EPA tadi. Keduanya dapat memaksimalkan perkembangan penglihatan pada bayi sekaligus menaikkan fungsi retina pada anak-anak.
  • Orang yang kurang mengonsumsi makanan mengandung omega-3 juga berisiko tinggi mengalami kerusakan mata akibat faktor usia, seperti retinopati diabetik dan sindrom mata kering.

baca juga : 10 Khasiat Ikan Gabus (klik disini)

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *