Langsat, atau dalam istilah ilmiahnya, Lansium domesticum, merupakan anggota dari keluarga Meliaceae. Bentuknya yang menyerupai duku seringkali membuat orang bingung, tetapi keduanya sebenarnya berasal dari spesies yang sama. Perbedaan mencolok terletak pada kulit yang lebih tipis dan getah yang cenderung lebih berlimpah pada buah langsat.

Bagian yang dapat dikonsumsi dari buah langsat adalah daging buahnya. Buah langsat tidak hanya lezat, tetapi juga kaya nutrisi. Polifenol, serat, vitamin B kompleks, kalium, kalsium, fosfor, dan zat besi merupakan beberapa kandungan yang membuat buah ini menjadi pilihan yang baik untuk mendukung kesehatan. berikut ini ragam manfaat buah langsat untuk kesehatan kita.

1. Mengontrol Kadar Kolesterol

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa serat larut air dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Dengan menghambat penyerapan lemak jenuh, buah langsat membantu menjaga keseimbangan lipid dalam tubuh.

2. Menjaga Fungsi Saraf

Studi membuktikan, buah langsat kaya akan vitamin B kompleks, termasuk vitamin B1, B2, B3, dan asam folat. Zat-zat ini mendukung proses metabolisme karbohidrat, lemak, dan protein. Khususnya, kandungan B2 yang cukup tinggi membantu menjaga fungsi sistem saraf agar tetap optimal.

3. Mengatasi Sembelit

Dengan dua gram serat per 100 gram buah, langsat menjadi sumber serat alami yang penting. Keberadaan serat membantu mengatasi masalah sembelit dan memenuhi sebagian besar kebutuhan harian kita.

4. Mengontrol Berat Badan

Serat dalam buah langsat tidak hanya membantu pencernaan tetapi juga dapat membantu menjaga berat badan. Kemampuannya membuat merasa kenyang lebih lama membantu menghindari konsumsi makanan berlebihan.

5. Aman untuk Penderita Diabetes

Kandungan serat yang tinggi membantu mengontrol berat badan, yang pada gilirannya dapat mengurangi risiko diabetes. Obesitas, yang seringkali terkait dengan diabetes, dapat dicegah dengan asupan serat yang memadai.

6. Menurunkan Risiko Penyakit Kardiovaskular

Hasil penelitian mengungkapkan, penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung dan stroke, dapat dihindari dengan bantuan buah langsat. Kandungan kalium yang cukup tinggi dalam buah ini membantu mengatur detak jantung dan tekanan darah. Dengan begitu, risiko terkena penyakit jantung dapat ditekan dengan mengonsumsi buah langsat secara teratur.

7. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Vitamin C, yang melimpah dalam buah langsat, memberikan manfaat luar biasa untuk sistem kekebalan tubuh. Sebagai antioksidan, vitamin C melawan radikal bebas yang dapat merusak sel-sel tubuh. Dengan meningkatkan daya tahan tubuh, Anda dapat lebih efektif melawan infeksi dan penyakit.

8. Menjaga Kesehatan Gigi

Fosfor yang terdapat dalam buah langsat bukan hanya bermanfaat untuk kesehatan tulang, tetapi juga dapat menjaga kesehatan gigi. Senyawa ini telah terbukti mencegah berbagai masalah gigi, termasuk sakit gigi, memperkuat gigi, dan memberikan kilau alami pada gigi.

Nah itulah 8 Manfaat Buah Langsat Untuk Tubuh.

KONTEN MENARIK TENTANG DUNIA AGRIBISNIS ( KLIK SINI )

BACA JUGA : Fakta Lion Fish Ikan cantik Beracun ( KLIK SINI )

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *