manfaat kangkung

Kangkung merupakan salah satu sayuran yang banyak diminati oleh masyarakat di indonesia, kangkung adalah tumbuhan yang termasuk jenis sayur-sayuran dan ditanam sebagai makanan dan banyak dijual di pasar-pasar. Tanaman kangkung banyak terdapat di kawasan Asia dan merupakan tumbuhan yang dapat dijumpai hampir di mana-mana terutama di kawasan berair. Kangkung adalah salah satu tanaman yang pertumbuhannya cepat dan perawatan yang mudah. Biasanya kangkung dapat dipanen pada usia 3-4 minggu dari semai benih. Dan dapat dipanen dengan cara memotong batangnya, biarkan akar tetap menancap karena nanti akan tumbuh lagi hingga beberapa kali panen.

Baca Juga
Mencari Hidroponik Terbaik (kilik disini)

Tanaman kangkung juga dapat dibudidaya dengan metode hidroponik. Jika Anda tertarik untuk menanam kangkung sendiri, maka itu lebih baik. Pasalnya sayuran ini sangat mudah ditanam. Tak perlu lahan yang luas, Anda bisa memaksimalkan lahan pekarangan rumah menggunakan hidroponik. Cara menanam kangkung hidroponik merupakan salah satu solusi bercocok tanam di lahan terbatas. Selain mendapatkan manfaat kangkung untuk kesehatan, cara menanam kangkung hidroponik ternyata mendatangkan manfaat bagi lingkungan sekitar.

Apa sajakah manfaat kangkung hidroponik?

  1. Dapat Menjaga Kesehatan Jantung
    Nutrisi pada kangkung yaitu vitamin A dan C sangat penting untuk kesehatan tubuh. Nutrisi ini yang bisa membantu mengurangi radikal bebas dari dalam tubuh, sehingga kolesterol yang teroksidasi dapat dicegah.
  2. Mengatasi Insomnia
    Kangkung memiliki zat kalium yang cukup tinggi yang mampu memengaruhi saraf bagian kepala. Jadi kebanyakan orang akan mengantuk setelah mengkonsumsi sayuran kangkung ini. Selain itu, tanaman kangkung mengurangi konsentrasi kortisol sehingga bisa membuat bangun lebih dini.
  3. Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan
    Kangkung kaya akan serat, komponen penting yang umumnya digunakan untuk mengatasi masalah pencernaan. Kandungan tersebut sangat baik untuk melancarkan pencernaan. Kangkung diketahui ampuh dalam melawan peradangan yang diakibatkan oleh infeksi bakteri staphylococcus aureus dan bacillus subtilis, bakteri-bakteri tersebut bisa menyebabkan penyakit mrsabintitan, serta keracunan makanan.
  4. Mencegah Terjadinya Kerusakan Organ Hati
    Mengandung antioksidan dan enzim yang memiliki fungsi detoks, di mana hal ini membuat tubuh lebih sehat khususnya organ hati.
  5. Mengatasi Masalah Kulit
    Sayuran berdaun hijau ini kaya akan antioksidan yang mencegah kerusakan sel akibat pengaruh radikal bebas. Vitamin K, mineral, dan folatnya dianggap bisa memperbaiki kondisi kulit yang bermasalah. Kangkung juga dipercaya sebagai komponen anti penuaan, Kandungan kangkung secara menyeluruh membuat kulit lebih sehat.

Adanya tanaman hidroponik di rumah dapat membantu untuk meningkatkan kadar oksigen di udara di rumah. Selain itu tubuh menjadi lebih sehat karena kangkung yang kita tanam menggunakan sistem hidroponik menghasilkan kangkung yang baik kualitasnya bebas dari pestisida dan tentunya organik.

SALAM ORGANIK !!!

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.