MANFAAT-SITOKININ-UNTUK-TANAMAN-HIAS

Fungsi sitokinin sangatlah penting pada pertumbuhan dan keberlangsungan hidup tanaman hias Sitokinin sendiri adalah sejenis ZPT tumbuhan yang mendorong terjadinya pembelahan sel (sitokinesis) di jaringan meristematik.

Selain peran utamanya sebagai pengatur pertumbuhan dan diferensiasi sel, sitokinin juga mempengaruhi dominansi pucuk, pertumbuhan kuncup tepi, dan penuaan (senescense) daun.

  • Fungsi Sitokinin

1. Pembelahan Sel

Fungsi hormon sitokinin yang pertama ialah sebagai pembelahan sel tanaman. Sitokinin mampu meningkatkan pembelahan, pertumbuhan, dan perkembangan kultur sel tanaman. Dengan begitu, tanaman hias akan cepat tumbuh dan berkembang.

2. Menunda Penuaan

Tumbuhan yang memiliki hormon sitokinin akan lebih lama hidup. Sebab, hormon satu ini mampu membantu menunda penuaan pada bunga dan daun tanaman hias. Hormon sitokinin mampu mengontrol kemunduran yang menyebabkan kematian sel tanaman.

3. Kultur Jaringan Bersama Auksin

Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa sitokinin biasanya dalam fungsinya bekerja sama dengan hormon auksin. Pemberian hormon sitokinin pada tanaman hias akan menyebabkan perbesaran ukuran sel dengan pembelahan.

Fungsi hormon sitokinin yang bercampur dengan auksin akan menumbuhkan sel baru dengan pembelahan. Pemberian hormon sitokinin yang lebih banyak dari jumlah auksin akan memicu kalus berkembang dari pucuk dan daun. Apabila kadar auksin lebih banyak, kalus akan berkembang menjadi akar.

4. Pengaturan Dominansi Apikal

Hormon sitokinin juga berfungsi sebagai kontrol dominansi apikal. Hal ini dimaksudkan kemampuan tunas terminal untuk menekan perkembangan tunas aksilar.

Fungsi hormon sitokinin adalah memberikan syarat tunas aksilar untuk mulai tumbuh. Inilah fungsi auksin dan sitokinin dalam mengontrol penghambatan tunas aksilar. Banyak manfaat yang di dapatkan dengan pemberian ZPT sitokinin pada tanaman hias kita seperti yang sudah di jelaskan diatas.

UNTUK MEMBELI PRODUK SITOKININ (KLIK SINI)

CEK VIDEO SELENGKANYA (KLIK SINI)

BACA JUGA DISINI : MANFAAT PEMBERIAN GIBERELIN PADA PADI (KLIK SINI)

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.