Manfaat-Terumbu-Karang-bagi-Biota-Laut

Indonesia sebagai negara kepulauan ternyata menyandang status sebagai surga terumbu karang yang paling kaya seantero dunia. Terumbu karang merupakan salah satu potensi sumber kemaritiman Indonesia atau sumber daya laut Indonesia.

Terumbu karang atau batuan sedimen kapur di laut secara fisik terbentuk dari kapur yang sebagian besar dihasilkan dari koral. Saat ribuan koral membentuk koloni, maka akan tercipta sebuah karang.

Ekosistem di laut yang terbentuk oleh biota laut penghasil kapur khususnya jenis karang batu dan alga berkapur, bersama dengan biota lain yang hidup di dasar lautan disebut terumbu karang.

Terumbu karang secara ekologis dapat diartikan sebagai tempat organisme hewan maupun tumbuhan mencari makan dan berlindung. Indonesia sebagai negara kepulauan menjadi negara yang memiliki terumbu karang terluas di dunia.

Terumbu karang terbagi menjadi dua jenis, yakni karang lunak (soft coral) dan karang keras (hard coral). Karang lunak atau soft coral berbentuk seperti tanaman dan tidak bersimbiosis dengan alga. Sementara karang keras atau hard coral dihasilkan dari organisme karang yang membentuk endapan masif kalsium karbonat

Terumbu karang secara umum terbagi menjadi tiga tipe, yakni terumbu karang tepi (fringing reef), terumbuh karang penghalang (barrier reef), dan terumbu karang cincin (atoll). Terumbu karang tepi enjadi tipe yang paling umum dijumpai di perairan Indonesia.

Dapat disimpulkan bahwa terumbu karang atau coral reefs merupakan ekosistem laut tropis yang memiliki kadar kalsium karbonat tinggi dengan dominasi komunitas berbagai jenis hewan karang keras. Gramedia.com telah merangkum ulasan mengenai manfaat terumbu karang dan daerah dengan terumbu karang tercantik di Indonesia yang perlu diketahui.

  • Sebagai Pelindung Pesisir dan Pantai
  • Sebagai Media Bibit Budidaya
  • Sarana untuk Rekreasi
  • Sebagai Bahan Baku Obat dan Kosmetik
  • Sumber Keanekaragaman Genetik dan Spesies
  • Mengurangi Pemanasan Global
  • Sarana untuk Kegiatan Pendidikan dan Penelitian
  • Sebagai Bahan Baku Perhiasan dan Industri Sumber Perikanan yang Tinggi

KONTEN MENARIK TENTANG DUNIA AGRIBISNIS (KLIK SINI)

BACA JUGA DISINI : Jurusan Peternakan Dicap Cuma Bisa Beternak (KLIK SINI)

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.