Anda ingin memulai beternak namun masih bingung menentukan jenis hewan apa yang dipilih? Beternak kerbau mungkin bisa jadi solusinya. Dengan saingan yang tidak terlalu banyak dan cara yang bisa terbilang cukup mudah, Anda dapat memperoleh keuntungan yang cukup besar. Anda harus memperhatikan beberapa hal penting dalam memelihara kerbau. Misalnya yaitu pemilihan bibit, makanan, tempat tinggalnya.Cara Mengobati Sakit Gigi dengan Bahan Alami

Berikut ini adalah beberapa cara memelihara kerbau dengan mudah yang dapat Anda coba. Semuanya tentu saja akan memudahkan dan dapat dijadikan pedoman bagi para pemula.

1. Memilih kerbau

Sebelum membeli kerbau, ada baiknya Anda mengenal dulu beberapa jenis kerbau yang ada dan dipandang bagus prospeknya. Tentu saja pertimbangannya adalah tujuan Anda dalam memelihara kerbau tersebut. Misalnya saja untuk diternak dan dijual kembali, dimanfaatkan dagingnya, dimanfaatkan susunya, dimanfaatkan tenaganya dan lain sebagainya.

2. Menyediakan kandang yang baik

Sediakan kandang kerbau yang nyaman dan ideal sehingga pertumbuhannya dapat lebih maksimal. Seperti yang kita tahu bahwa kerbau adalah hewan yang ukurannya cukup besar sehingga memerlukan tempat yang cukup besar. Anda harus mempertimbangkan budget untuk membangun kandang sehingga dapat memperkecil pengeluaran.

3. Pemilihan pakan kerbau

Agar kerbau tumbuh dengan baik, pemilihan pakannya juga harus diperhatikan. Untuk jenis makanannya Anda dapat memilih beberapa jenis seperti berikut ini :

1) Rumput hijau yang biasanya adalah rumput gajah, rumput raja, rumput benggala, rumput budi daya dan lain sebagainya. Untuk ukuran kerbau yang memiliki berat badan 350 kg hingga 500 kg Anda dapat memberikan rumput hijau segar sebanyak 10% dari berat badannya. Berikan 2 kali dalam sehari yaitu pada pagi dan sore hari.

2) Pakan kerbau dari limbah pertanian seperti jerami juga dapat menjadi solusi saat musim panen tiba dan rumput sedang tidak banyak.

3) Pemberian pakan penguat juga disarankan untuk kerbau dan dapat berupa jagung, dedak, bungkil kelapa, ampas tahu atau tetes tebu. Presentasi pakan penguat ini jumlahnya adalah 10% dari jumlah pakan hijauan yang diberikan.

4. Cara mengendalikan penyakit kerbau

Beternak hewan tentu saja tidak lepas dari ancaman penyakit. Untuk jenis kerbau, penyakit yang biasanya muncul adalah mencret, penyakit mulut, diserang lalat penghisap darah dan lain sebagainya.

Nah itulah tips dari kami tentang memelihara kerbau yang baik bagi pemula

KONTEN MENARIK TENTANG DUNIA AGRIBISNIS ( KLIK SINI )

BACA JUGA : Cara Mengobati Sakit Gigi yang Ampuh ( KLIK SINI )

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *